Rabu, 16 November 2016

Teknologi Tepat Guna


Pengertian Teknologi Tepat Guna


Dinamakan teknologi tepat guna karena teknologi ini dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Teknologi tepat guna adalah sebuah penemuan manusia yang sangat menakjubkan. Adanya teknologi tepat guna memberikan bukti nyata bahwa manusia memang diciptakan dengan akal. Ada banyak sekali teknologi tepat guna yang ada di sekitar kita antara lain :

Hippo roller


Hippo water roller adalah sebuah wadah air yang berbentuk barel atau tabung besar. Hal tersebut mempermudah kita untuk mengangkut air dan membawanya tanpa harus diangkat ataupun digendong namun hanya dengan menggulirkannya di tanah. Hippo water roller secara khusus didesign untuk meringankan beban si pengangkut yang mana sebelumnya masih menggunakan metode tradisional untuk mengangkut air menggunakan ember yang dijinjing.

Design hippo yang sangat inovatif menyediakan kapasitas air sebanyak 90 liter atau sama dengan 24 galon. Dengan hippo kita tidak perlu bersusah payah mengangkut air sebanyak 90 liter dalam sekali angkut, kita hanya perlu menggelindingkannya saja dan mengemudikannya dengan tangkai yang didesign khusus untuk mengatur gerak tabung air tersebut, bisa dibilang mirip seperti troli belanja hanya saja dalam bentuk yang berbeda.

Pengertian Teknologi Tepat Guna Lengkap Dengan Contohnya

Dengan adanya hippo water roller beban kita menjadi lebih ringan dibandingkan menggunakan metode tradisional seperti mengangkut air menggunakan ember dan dibebankan pada kepala. Hal tersebut tentulah sangat berbahaya karena dapat menekan tulang punggung dan membahayakan kepala kita. Bahkan metode tradisional tersebut hanya mampu mengangkut air sebanyak 20 liter di atas kepala kita, itu juga jika kepala kita kuat menanggung beban tersebut.

Sekarang ini, semua hippo roller diproduksi dan diekspor dari Afrika Selatan. Bagaimanapun juga mengekspor hippo roller cukup mahal, bahkan dikenakan biaya dua kali lipat dari harga ekspor produk lainnya. Namun sebuah mobile manufacturing unit telah dikembangkan sehingga roller dapat diproduksi di secara lokal jadi bisa dimana saja sehingga ongkos produksinya lebih murah.

0 komentar:

Posting Komentar